Sabtu, 01 Desember 2012

Jasa - Jurnal Umum

A. Definisi
Jurnal (dalam bahasa inggris Journal) adalah catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry), yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun yang di Debet maupun yang di Kredit.

B. Klasifikasi perkiraan Jurnal

1. AKTIVA, yaitu barang fisis (berwujud) aseets yaitu hak (tak berwujud) yang mempunyai nilai uang. Aktiva dibagi menjadi 2 yaitu Aktiva lancar dan Aktiva Tetap.a. AKTIVA LANCAR, yaitu uang kas dan aktifa lain yang diharapkan dapat dicairkan menjadi uang kas.b. AKTIVA TETAP, yaitu aktiva berwujud yang digunakan dalam perusahaan yang sifatnya permanen atau relatif meliputi: peralatan ,mesin ,gedung,dan tanah.
2. KEWAJIBAN, yaitu hutang kepada pihak luar/preditor dan dalam neraca dicantumkan harus dibayar (payable). Kewajiban jangka pendek /kewajiban lancar yaitu kewajiban yang jatuh temponya dalam waktu dekat dibawah 1 tahun. Contohnya hutang gaji,hutang bunga,hutang pajak. Kewajiban jangka panjang yaitu kewajiban yang jatuh temponya dalam jangka waktuyang relatif lama /diatas 1 tahun.
3. MODAL, yaitu menunjukan kekayaan pemilik perusahaan .
4. PENDAPATAN, merupakan kenaikan kotor gross dalam modal yang berasal dari kegiatan khusus.
5. BEBAN, yaitu biaya yang telah dipakai dalam proses menghasilkan pendapatan.

C. Cara Menjurnal
1. Tentukan perkiraan yang timbul.
2. Tentukan perkiraan yang bertambah dan yang berkurang.
3. Pergunakan rumus sifat perkiraan.
4. Catat kedalam format jurnal umum. 

0 komentar:

Posting Komentar